Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

03 Januari 2022   30 kali  
UPAYA MENINGATKAN KETERAMPILAN PENGUNGSI DENGAN KOLABORASI BERBAGAI KOMUNITAS
UPAYA MENINGATKAN KETERAMPILAN PENGUNGSI DENGAN KOLABORASI BERBAGAI KOMUNITAS

Mengawali tahun 2022, Minggu 2 Januari 2022 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Perpustakaan Desa “Istana Ilmu” Desa Kunir Kidul - Kec. Kunir dan Kampung Dongeng Indonesia serta Komunitas Forward mengadakan kegiatan dongeng untuk anak-anak di Posko Pengungsi SMPN 2 Pasirian dan Posko Pengungsi di Puskesmas Lama Penanggal, sekaligus juga pelatihan singkat membuat stick tahu untuk ibu-ibu dan diskusi seputar rencana pengelolaan sampah oleh Komunitas Forward,  dimana sampah di lokasi pengungsi ini perlu penanganan lebih agar lingkungan tetap bersih dan sehat, sampah yang ada bisa bermanfaat seperti dijadikan untuk pupuk organik dengan budidaya maggot sebagai pengurainya.  

 

Kegiatan kali ini merupakan rangkaian kegiatan minggu sebelumnya dimana kegiatan yang dilakukan tidak hanya ditujukan pada anak-anak tapi juga untuk ibu dan bapak-bapaknya dengan harapan ketika kondisi sudah memungkinkan mereka bisa mulai melakukan usaha kembali. Olahan tahu yang disampaikan oleh teman-teman pengelola Perpustakaan Desa Kunir Kidul ini merupakan ciri khas daerah Kunir akan tetapi bahan utamanya sangat mudah didapat di semua tempat sehingga stick tahu dipilih untuk praktek singkat kali ini dan ternyata olahan ini digemari anak-anak pengungsi dan relawan.   

 

Masih sama dengan minggu-minggu sebelumnya, Kampung Dongeng Indonesia kali ini juga memberikan dongeng di kedua lokasi serta paket alat tulis, mainan anak serta makanan ringan. Disamping juga ada peralatan ibadah yang dititipkan masyarakat pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk dibawa ke lokasi pengungsian dan tempat ibadah di sekolah-sekolah yang ditempati pengungsi.